Efek Jika Lupa Minum Obat TPT (Terapi Pencegahan TBC) ?

Bagikan Artikel

Efek Jika Lupa Minum Obat TPT (Terapi Pencegahan TBC) ?

Halo SobatTOSS,

Apa kabar kalian Sobat? Semoga Sobat sehat selalu dan tidak merasa bosan ya dengan informasi yang Admin rangkum. Pada kesempatan hari ini, Admin akan membahas topik mengenai “Efek Jika Lupa Minum Obat TPT (Terapi Pencegahan TBC) ?”. Yuk mari kita simak penjelasan Admin berikut ini.
Apakah Sobat sudah tahu efek jika lupa minum obat TPT?
Waduhhh, belum tahu itu Admin. Apakah bisa memberikan efek yang parah ya jika lupa minum obat TPT ?
    Tentunya ada efek samping yang akan dialami, tapi tenang ya. Jangan khawatir karena obat yang diberikan oleh Dokter tetap masih bisa dilanjutkan kok, Sobat. Dengan catatan, segera pergi ke puskesmas terdekat ya untuk konsultasi lebih lanjut. Berikut ini merupakan saran dari Dokter, orang yang perlu mendapatkan panduan 6H, 3HR dan 3HP.

Gambar Ilustrasi Panduan Dokter

Jadi, jika Sobat mengkonsumsi TPT 6H atau 3HR, maka harus mengikuti panduan berikut :

Gambar Ilustrasi Panduan 6H dan 3HR

Gambar Ilustrasi Panduan 6H dan 3HR

  • Jika pasien lupa minum obat kurang dari 2 minggu, maka harus segera melanjutkan TPT. Namun di akhir masa pemberian TPT, harus ditambahkan jumlah hari yang terlewat minum obat.
  • Jika pasien sudah menyelesaikan pengobatan minimal 144 dosis untuk panduan 6H dan 72 dosis untuk 3HR, maka tidak perlu mengulang minum obat TPT.
  • Jika pasien sudah berhenti minum obat lebih dari 2 minggu dan belum mencapai 144 dosis untuk panduan 6H dan 72 dosis untuk 3HR, maka dapat melanjutkan minum obat dengan perpanjangan waktu hingga 239 hari untuk menyelesaikan panduan 6H dan 120 hari untuk 3HR.
Jadi pasien wajib mengulang proses minum obat untuk memenuhi panduan 6H dan 3HR dengan minimal 144 dosis ya Sobat.

Gambar Ilustrasi Panduan 6H dan 3HR

Selain itu, panduan untuk TPT 3HP yaitu :
  • Jika terlewat minum obat dalam kurun waktu tidak lebih dari 3 hari dari jadwal rutin mingguan, maka segeralah minum obat pada hari tersebut. Kemudian dilanjutkan pengobatan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan Dokter.
  • Jika terlewat minum obat lebih dari 3 hari dari jadwal rutin mingguan, maka diperlukan penambahan jadwal minum obat untuk melanjutkan proses pengobatan.
  • Segera minum obat pada hari tersebut dan menjadikan hari tersebut sebagai jadwal baru untuk minum obat.
  • Apabila tetap tidak dapat menyelesaikan minimal 1 dosis untuk 3HP setelah di berikan perpanjangan waktu, maka wajib mengulang TPT lagi.
    Oleh sebab itu, jangan sampai Sobat atau kerabat harus mengulang TPT. Selain proses pengobatan menjadi lebih panjang dan lama, kalian tentunya akan merasa jenuh mengkonsumsi obat tiap harinya. Selain itu juga, bila kalian tidak rutin dan teratur konsumsi TPT maka akan membuat bakteri resistan terhadap obat tersebut. Serta dapat menyebabkan Sobat bisa lebih mudah terpapar TBC.
Kiranya sekian penjelasan dari Admin. Semoga dari penjelasan di atas, Sobat dapat mengetahui bagaimana jika pasien lupa minum obat TPT.
Untuk informasi lain seputar TB/TBC, Sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website dan media sosial dari subdit TB. Sekian dan terima kasih.
Salam Sehat SobatTOSS…
#TBC #JanganLupaMinumObatTPT #EfekLupaMinumObatTPT  #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content