Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan TBC dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Sosialisasi TBC dalam rangka Hari TBC Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional 2022

Bagikan Artikel

Jakarta Pusat, DKI Jakarta (19/11/22) – TBC merupakan masalah kesehatan dunia yang menyerang semua kelompok umur. Mengacu pada Laporan TBC Global yang diterbitkan oleh WHO tahun 2022, Indonesia merupakan negara dengan beban TBC tertinggi kedua di dunia dengan estimasi 969.000 kasus dan kematian TBC sebanyak 144.000 per tahun. Permasalahan TBC semakin diperberat dengan terjadinya pandemi COVID-19. Pandemi ini mengakibatkan belum tercapainya berbagai target indikator Penanggulangan TBC di Indonesia. Sosialisasi Tuberkulosis (TBC) perlu terus dilakukan agar seluruh masyarakat semakin terlibat aktif dalam menanggulangi TBC. 

Pada 19 November 2022, Kementerian Kesehatan melaksanakan Aksi Sosialisasi TBC dalam Rangka Hari Tuberkulosis Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional 2022. Kegiatan ini dibuka dengan Sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ibu Widyastuti, M.KM, dan Direktur P2PM Kementerian Kesehatan, Bapak dr. Imran Pambudi, MPHM.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Fun Run sejauh 3 Km dan senam zumba bersama seluruh masyarakat yang hadir. Kegiatan Fun Run dan Zumba ini merupakan bagian dari sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai bentuk Tindakan pencegahan penyebaran TBC. Acara ini juga diisi dengan talkshow interaktif mengenai “Pelibatan Kaum Muda dalam upaya Eliminasi TBC Melalui Kampanye Hidup Sehat” bersama narasumber dr. Ayman Alatas dan Apt. Rinaldi Nur Ibrahim yang dimoderatori oleh Ugiadam Farhan Firmansyah, S.Ked. Tak ketinggalan, ada penampilan spesial dari penyanyi Sara Fajira.

3 peserta Fun Run yang mencapai garis finish tercepat juga mendapatkan hadiah. Peserta yang hadir dan bisa menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh MC dan narasumber talkshow juga mendapatkan hadiah doorprize. Kami sampaikan selamat kepada 3 peserta Fun Run yang bisa mencapai garis finish tercepat dan Sobat yang mendapatkan berbagai doorprize menarik! Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung keberlangsungan dan suksesnya acara. 

Editor: Windy Oktavina, Dinda Anisa Rakhmawulan, Farah Alphi Nabila

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content