Bagaimana Pengobatan TBC?

Bagikan Jawaban

Jawaban:

Pengobatan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap awal (intensif, 2 bulan) dan tahap lanjutan. Lama pengobatan 6-8 bulan, tergantung berat ringannya penyakit. Penderita harus minum obat secara lengkap dan teratur sesuai jadwal berobat sampai dinyatakan sembuh. Dilakukan tiga kali pemeriksaan ulang dahak untuk mengetahui perkembangan kemajuan pengobatan, yaitu pada akhir pengobatan tahap awal, sebulan sebelum akhir pengobatan dan pada akhir pengobatan.

Tempat Berobat Penderita TB

Puskesmas, Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4), Rumah Sakit, klinik dan dokter praktek swasta. Di Puskesmas, penderita bisa mendapatkan obat TB secara cuma-cuma (gratis).

Sebagai tambahan :

Rumah Sakit, Klinik dan Dokter Praktek Swasta yang sudah bekerjasama dengan program TB juga menyediakan obat yang sama dan Gratis.

Dijawab Oleh: dr. John Doe

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Tanya Jawab Lainnya

Default TOSS TBC Image

Bagaimana Pengobatan TBC?

Pengobatan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap awal (intensif, 2 bulan) dan tahap lanjutan. Lama pengobatan 6-8 bulan, tergantung berat ringannya penyakit. Penderita harus minum

Default TOSS TBC Image

Bagaimana Gejala TBC?

Gejala umum yang awalnya bisa terlihat adalah batuk berdahak terus-menerus selama 2-3 minggu atau lebih. Gejala-gejala lainnya antara lain: Sesak napas dan nyeri pada dada

Skip to content