Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tatalaksana Tuberkulosis

Default TOSS TBC Image

Bagikan Artikel

Masalah tuberkulosis (TBC) adalah masalah kesehatan yang telah lama dihadapi berbagal  negara  di   dunia,  termasuk  Indonesia.    Oleh    karena  itu,  Pemerintah mempunyal komitmen kuat untuk segera mencapal Eliminasi TBC  pada tahun 2030. Berbagal upaya dalam penanggulangan tuberkulosis  (TBC) telah dilaksanakan di Indonesia.  Berbagal kemajuan telah kita capal dalam penanggulangan tuberkulosis, utamanya dalam bentuk ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan untuk tuberkulosis.

Indonesia telah menyusun Rencana Strategi Nasional Tahun 2016-2020 untuk Penanggulangan TBC,  yaitu  menetapkan strategi utama  untuk  meningkatkan pengetahuan,  memperbaiki akses,  meningkatkan keberhasilan  pengobatan, dengan dukungan   dari   sistem  kesehatan,   semua  penyedia  layanan,   pasien  TBC   dan masyarakat, sesual dengan strategi Eliminasi TBC Tahun 2030.

Seiring dengan penemuan baru ilmu dan teknologi dan perkembangan program penanggulangan TBC  di  lapangan, buku Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Tuberkulosis  ini  sudah  mengalami beberapa perbaharuan, disesualkan dengan Strategi Nasional Penanggulangan TB dan rencana tahun 2016-2020.

Beberapa perubahan  baru  seperti yang dituangka.n pada  buku  pedoman pengobatan yang diterbitka.n WHO juga diakomodir dengan tetap mempertimbangkan situasi  spesiflk program TB  di  Indonesia, seperti alur pemeriksaan dan pengobatan pasien TBC di layanan primer maupun rujukan.

Akhirnya  dengan  penerbitan  Pedoman  Nasional  Pelayanan  Kesehatan Penanganan tuberkulosis ini,  mudah-mudahan  dapat merespon kebutuhan  petugas pelayanan  kesehatan dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya terhadap pasien TBC secara evidence, efektif  dan efisien.


Klik tautan di bawah untuk mengunduh:
Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tatalaksana Tuberkulosis (11.11 MB)
(54918 downloads)


Berlangganan newsletter TBC Indonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia