Perlukah Orang yang Konsumsi Obat TPT Kontrol ke Puskesmas ?

Bagikan Artikel

Perlukah Orang yang Konsumsi Obat TPT Kontrol ke Puskesmas ?

Halo SobatTOSS,

Jumpa lagi nih dengan Admin. Semoga Sobat tidak merasa bosan ya dengan informasi penting seputar tuberkulosis (TBC) yang Admin telah bagikan. Admin harap Sobat akan semakin kaya akan pengetahuan tentang penyakit TBC dan bisa membagikan informasi ini kepada orang terdekat. Oh iya Sobat, kali ini Admin akan membahas topik mengenai “Perlukah Orang yang Konsumsi Obat TPT Kontrol ke Puskesmas ?”. Yuk mari kita simak penjelasan berikut ini.
Sebelumnya, Admin akan bertanya nih kepada SobatTOSS semua. Sobat, tahukah kalian jika orang yang Konsumsi Obat TPT Perlu Kontrol ke Puskesmas ?
Bukannya TPT itu merupakan Terapi Pencegahan TBC ya Admin? Memang perlu ya, orang yang tidak TBC namun konsumsi obat TPT  memeriksakan diri ke Puskesmas ?
Wahh, pertanyaan yang bagus itu Sobat. Jadi, orang yang konsumsi obat TPT wajib memeriksakan diri ke Puskesmas. Tujuannya ialah untuk memonitor kondisi tubuh orang yang mengonsumsi obat TPT dan menilai apakah terjadi efek samping obat TPT atau tidak.

 

Lalu, apa saja sih yang perlu diperiksa di Puskesmas ?
Berikut ini hal-hal yang akan diperiksa :
  • Ketaatan orang tersebut dalam meminum obat TPT.
  • Munculnya gejala atau efek samping ketika mengonsumsi obat TPT.
  • Ada tidaknya gejala TBC pada diri orang tersebut. Misal : batuk dalam jangka waktu 2 minggu atau lebih, batuk disertai darah, demam, penurunan berat badan, sering berkeringat di malam hari walaupun tidak melakukan aktifitas apapun.
Saya sedang konsumsi obat TPT nih, tapi kok jadi muncul efek samping. Apa yang harus saya lakukan ?
    Obat TPT dapat mencegah terjadinya TBC dengan efektivitas sekitar 60% sampai 90% loh, Sobat.  Jika timbul efek samping, jangan panik, segeralah ke Puskesmas dan sampaikan keluhan yang dirasakan setelah mengonsumsi obat TPT. Sama halnya jika kalian mengalami gejala TBC, segeralah pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah terinfeksi TBC atau tidak. Bila terinfeksi TBC, maka dokter akan memberi saran untuk menghentikan obat TPT dan menggantinya dengan OAT. Tetapi selama ini efek samping obat TPT relatif jarang terjadi sih Sobat.

Gambar Ilustrasi Hal-hal yang di Pantau Puskesmas

 

    Semoga Sobat sekarang sudah semakin tahu ya, kenapa orang yang mengonsumsi obat TPT diwajibkan periksa ke Puskesmas juga. Kiranya sekian penjelasan dari Admin. Semoga bermanfaat dan Sobat dapat membagikan informasi baik ini kepada orang terdekat Sobat.
Untuk informasi lain seputar TB/TBC, sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website dan media sosial kami. Sekian dan terima kasih.
Salam Sehat SobatTOSS…
#TBC #MinumTPTPerlukePuskesmas #KontrolkePuskesmasPadahalTidakSakitTBC #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content