Apa Tujuan Memonitor Efek Samping Obat TBC?

Bagikan Artikel

Apa Tujuan Memonitor Efek Samping Obat TBC?

Halo SobatTOSS,

Bagaimana kabarnya? Admin harap Sobat selalu dalam kondisi sehat ya. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas hal penting yang perlu Sobat ketahui yaitu mengenai “Apa Tujuan Memonitor Efek Samping Obat TBC?”

Seperti biasa, Admin mau bertanya nih, apakah Sobat sudah tahu tujuan memonitor efek samping obat TBC?

“Memang untuk apa kita harus memonitor efek samping dari obat TBC, Admin?”

    Tujuannya ialah untuk mengetahui seberapa besar manfaat/ efek obat TBC itu terhadap tubuh pasien. Jika kita sebagai PMO (Pengawas Menelan Obat), maka kita harus mengetahui apakah obat yang diberikan Dokter itu bereaksi dengan baik atau tidak di tubuh pasien TBC dan hal apa saja yang bisa terjadi setelah pasien mengonsumsi secara rutin obat TBC tersebut. Selain itu, setiap obat TBC memiliki efek samping yang berbeda-beda terhadap tubuh setiap pasien.

Memonitor Efek Samping Obat TBC

Gambar Ilustrasi Efek Samping Obat TBC

Efek Samping Obat TBC :

  1. Air seni/ kencing berwarna kemerahan

Ini merupakan efek yang tergolong wajar, Sobat. Jadi jangan panik ya jika Sobat sebagai PMO (Pengawas Menelan Obat) mengetahui pasien yang Sobat rawat mengalami hal seperti ini.

  1. Nafsu makan menurun karena mual/ sakit perut

Ini juga merupakan efek yang tergolong wajar ya Sobat. Sarankan pasien untuk tetap mengkonsumsi OAT (Obat Anti Tuberkulosis) malam sebelum tidur/ setelah memakan kudapan (makanan kecil sesaat sebelumnya)/ pada jadwal minum obat biasanya

  1. Merasa nyeri-nyeri pada sendi

Jika hal ini terjadi, segera rujuk pasien TBC ke Faskes terdekat dan PMO tetap harus mengawasi perkembangan efek samping yang dialami oleh pasien.

  1. Mengalami kesemutan/ rasa terbakar di bagian kaki

Jelaskan kepada pasien bahwa efek samping tersebut merupakan hal yang wajar dari salah satu jenis OAT dan PMO tetap harus mengawasi perkembangan efek samping yang dialami oleh pasien.

  1. Merasa gatal dan kemerahan pada kulit

Jika hal ini terjadi, hentikan pengobatan pasien dan segera rujuk ke Faskes terdekat.

  1. Menjadi tuli/ tidak bisa mendengar

Segera hentikan pengobatan pasien dan segera rujuk pasien TBC ke Faskes terdekat.

  1. Mengalami gangguan keseimbangan/ limbung

Hentikan pengobatan pasien dan segera rujuk pasien TBC ke Faskes terdekat.

  1. Mengalami perubahan warna kuning pada bola mata/ kulit

Hentikan pengobatan pasien dan segera rujuk pasien TBC ke Faskes terdekat.

  1. Mengalami gangguan pengelihatan

Hentikan pengobatan pasien dan segera rujuk pasien TBC ke Faskes terdekat.

    Beberapa efek samping inilah menjadi salah satu penyebab pasien TBC putus berobat karena mereka takut jika hal-hal tersebut terjadi pada dirinya. Oleh karena itu, PMO wajib membantu memonitor efek samping dari obat dengan tujuan agar dapat meminimalisir kemungkinan pasien merasa takut dan putus berobat. Efek samping OAT dapat dipantau dan diatasi, segera konsultasikan ke dokter ya SobatTOSS untuk mengatasi efek samping tersebut.

Nah, sekian penjelasan dari Admin. Semoga dari penjelasan di atas, Sobat dapat mengetahui tujuan memonitor efek samping dari obat TBC ya.

Untuk informasi lain seputar TB/TBC, sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website  dan media sosial dari subdit TB. Sekian dan Terimakasih.

Salam Sehat SobatTOSS

#MemonitorEfekSampingObat #MemantauEfekSampingObatTBC #EfekSampingObatTBCterhadapTubuhPasien #HalYangHarusdiLakukanPMO #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content