Apa Akibat Tidak Meminum Obat Teratur?

Bagikan Artikel

Apa Akibat Tidak Meminum Obat Teratur?

Halo SobatTOSS,

Apa kabar nih kalian? Semoga selalu dalam kondisi sehat ya Sobat. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas mengenai “Apa Akibat Tidak Meminum Obat Teratur?”. Tentunya beberapa dari Sobat ada yang belum tahu sebelumnya kan. Kalau begitu, mari yuk disimak penjelasan Admin berikut ini.

Sebelumnya, Admin mau bertanya nih kepada Sobat semua. Apakah Sobat sudah tahu akibat tidak meminum obat teratur?

Memangnya bisa berdampak buruk kah Admin, jika tidak meminum obat TBC teratur?”

Tentunya ada dong Sobat. Ingin tahu penjelasannya lebih dalam lagi? Berikut penjelasannya..

Gambar illustrasi akibat tidak meminum obat secara teratur

Gambar Ilustrasi Tidak Meminum Obat Teratur

Akibat Tidak Meminum Obat Teratur :

  1. Pasien dapat menularkan TBC kepada orang lain yang berada didekatnya, terutama orang yang tinggal serumah.

  2. Penyakit TBC yang ada di dalam tubuh pasien akan semakin sulit diobati, dikarenakan kuman TBC akan menjadi kebal terhadap obat TBC.

  3. Pengobatan pasien TBC yang sudah kebal terhadap obat memerlukan banyak biaya, pengobatan yang memakan waktu semakin lama, dan belum bisa dilakukan di semua Faskes yang tersedia.

  4. Pasien akan mengulang pengobatan TBC dari awal dengan jumlah obat yang lebih banyak dari pengobatan biasa.

      Jadi, jika Sobat menjadi PMO (Pengawas Menelan Obat) terhadap pasien TBC, bantu jaga dan awasi tahap demi tahap dalam pengobatan pasien. Tujuannya agar pasien tidak lupa dalam meminum obat TBC. Karena jika pasien lupa/ tidak teratur dalam meminum obat, maka hal-hal yang disebutkan tadi bisa saja terjadi terhadap pasien dan akan butuh pengawasan ekstra.

      Ingat, kunci keberhasilan pengobatan TBC adalah 3T, yaitu Tepat Waktu (disiplin dalam meminum obat sesuai waktu yang telah ditentukan), Tepat Cara (minum obat sekaligus, atau jika satu-persatu maka jarak waktu diminumnya tidak lebih dari 2 jam), dan Tepat Dosis (sesuai dosis yang dianjurkan dokter). Serta jalani pengobatan sampai tuntas atau dinyatakan sembuh oleh dokter ya SobatTOSS.

Sekian nih penjelasan dari Admin. Semoga penjelasan tadi, Sobat dapat mengetahui akibat tidak meminum obat secara teratur.

Untuk informasi lain seputar TB/TBC, Sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website  dan media sosial dari subdit TB. Sekian dan Terimakasih.

Salam Sehat SobatTOSS

#AkibatTidakMinumObatTeratur #BahayaMeminumObatTidakTeratur #DampakTidakMeminumObatSecaraTeratur #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content