Strategis Nasional Penanggulangan Tuberkulosis di Indonesia 2020-2024

Bagikan Artikel

Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan sasaran prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Pembangunan bidang kesehatan termasuk pencegahan penyakit yang menimbulkan biaya tinggi seperti Tuberkulosis adalah bagian dari langkah untuk meningkatkan manusia Indonesia yang berkualitas.

Selaras dengan End TB strategy yang telah menjadi komitmen global dan pemerintah Indonesia, serta mengacu pada RPJMN 2020-2024 maka disusun dokumen Strategi Nasional Penanggulangan Tuberkulosis di Indonesia 2020-2024. Tahun 2020-2024 merupakan periode yang sangat krusial untuk percepatan menuju eliminasi tuberkulosis tahun 2030. Dokumen ini berisikan strategi, intervensi dan kegiatan yang komprehensif serta target yang ambisius untuk dapat menurunkan kasus TBC sesegera mungkin.

Penyusunan strategi nasional ini menggunakan pendekatan “Kerangka Perencanaan yang Berpusat pada Masyarakat (People Centred Framework)” yang mencakup perencanaan program berbasiskan data (evidence-based), prioritisasi masalah, serta penetapan intervensi yang tepat. Program Tuberkulosis Nasional mempunyai 6 (enam) strategi utama yang menyasar tiga karaker kelompok masyarakat sesuai dengan layanan berkesinambungan Tuberkulosis yakni: (1) Orang dengan/atau bergejala tuberkulosis yang belum/tidak mengakses layanan kesehatan; (2) Orang dengan Tuberkulosis datang ke layanan tetapi tidak terdiagnosis atau tidak dilaporkan; dan (3)
Orang yang dilaporkan sebagai kasus Tuberkulosis tetapi tidak diobati.

Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan membantu penyusunan dokumen penting ini, baik dari sektor pemerintah, swasta, organisasi internasional, lembaga swadaya masyarakat, maupun kelompok pasien TBC yang berada di pusat maupun di daerah di seluruh Indonesia.

Semoga dokumen ini dapat dipakai sebagai acuan perencanaan dan pelaksanaan penanggulangan tuberkulosis oleh semua stakeholder baik di tingkat pusat maupun daerah. Kami berharap seluruh pemangku kepentingan dapat mendukung dan berkontribusi dalam mencapai eliminasi tuberkulosis di Indonesia 2030. Bersama kita bisa tanggulangi tuberkulosis!


Klik tautan di bawah untuk mengunduh:
Strategis Nasional Penanggulangan Tuberkulosis di Indonesia 2020-2024 (4.21 MB)
(6597 downloads)


Berlangganan newsletter TBC Indonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia