Bulan K3 Nasional : Panduan Pengendalian Tuberkulosis di Tempat Kerja
07/02/2022Lowongan Kerja Monitoring and Evaluation Staff
04/03/2022
The Global Fund adalah lembaga keuangan internasional yang berdedikasi mengumpulkan dan menyalurkan dana untuk program penanggulangan AIDS, Tuberkulosis dan Malaria. Lembaga nirlaba ini bermitra dengan pemerintah, masyarakat, sektor swasta dan komunitas terdampak. Sejak pembentukannya pada tahun 2002, The Global Fund telah banyak berkontribusi dalam mendukung program penanggulangan AIDS, Tuberkulosis dan Malaria. The Global Fund telah mengalokasikan senilai 22,6 milyar USD untuk lebih dari 1000 program ATM di 150 negara. Saat ini The Global Fund ATM Komponen TB sebagai mitra Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan membuka lowongan untuk posisi sebagai berikut:
- Technical Officer Public Private Mix Provinsi & Kabupaten/Kota
- Assistant Finance Administration (AFA) di tingkat Provinsi
- District Assistant Finance Administraion (DAFA) di tingkat Kabupaten/Kota
- Technical Officer Programmatic Management of Drug-Resistant Tuberculosis (TO PMDT) di tingkat Provinsi
- Technical Officer (TO) di tingkat Kabupaten/Kota
Ketenagaan tersebut (daftar rincian terlampir) akan didukung oleh pendanaan The Global Fund periode 2022 dalam rangka mencapai target nasional program Tuberkulosis. Persyaratan, kualifikasi ketenagaan, uraian pekerjaan, lokasi penempatan dan mekanisme pengiriman berkas lamaran dapat dilihat pada link berikut https://bit.ly/PenerimaanSRMaret2022
Penerimaan berkas paling lambat tanggal 16 Maret 2022 jam 16.00 WIB.
Penerimaan Staff SR Global Fund Komponen TB Januari 2022
25/01/2022Penerimaan Staff PR Global Fund Komponen TB 2022 (Penempatan Pusat)
22/03/2022
PERSYARATAN
-
- Minimal S1 di bidang Kesehatan/ lulusan Kedokteran/ Dokter Umum
- Bersedia ditempatkan di provinsi sesuai dengan peruntukkan tempat tugas
- Minimal berpengalaman kerja selama 2 tahun di bidang kesehatan, pengalaman bekerja di program TB menjadi nilai tambah
- Mempunyai motivasi tinggi, mandiri, mampu bekerja sama dalam tim, mampu melakukan analisis dan penyelesaian masalah
- Memiliki kemampuan komunikasi, negosiasi dan advokasi yang baik
- Mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer, MS Office dan akses email/internet dengan baik
- Mempunyai kemampuan mengolah dan menganalisis data
- Diutamakan mempunyai kemampuan penggunaan aplikasi analisis data (Stata, SPSS, dll) dan pemetaan (quantum GiS Arc GIS, dll)
- Mampu melakukan identifikasi masalah, menyusun rencana kerja, materi presentasi dan membuat laporan dengan baik
- Memiliki kemampuan problem solving, inovasi tinggi serta mental model yang positif dalam menghadapi tantangan pekerjaan di lapangan
- Mampu mengakses aplikasi SITB dan Sistem Informasi untuk melakukan pengolahan dan pelaporan data
- Memiliki kemampuan bahasa Inggris secara aktif
- Mampu bekerja di bawah tekanan/ tenggat waktu yang ketat
- Bersedia melakukan perjalanan dinas ke kabupaten/kota
JOB DESCRIPTION
-
- Menyelenggarakan dukungan teknis pertemuan/ kegiatan dan pengelolaan dana termasuk menyiapkan konsep, impementasi dan laporan tentang PPM
- Melakukan advokasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah, organisasi profesi/KOPI TB, asosiasi fasyankes, BPJS K, big chain hospitals/pharmacies/laboratories, dsb untuk dukungan kebijakan dan pendanaan
- Melaksanakan fungsi peningkatan kapasitas, monitoring, mentoring, koordinasi, dan supervisi implementasi PPM di kabupaten/kota
- Melakukan analisis data secara rutin (bulanan, triwulanan, semester) untuk memantau capaian, mengidentifikasi tantangan dan merumuskan usulan strategi/intervensi, serta membuat umpan balik untuk kabupaten/kota
- Memfasilitasi jejaring PPM antar kab/kota (mekanisme jejaring layanan TB lintas batas wilayah)
- Memfasilitasi pelaksanaan PPM di kab/kota terutama di kab/kota tanpa tambahan staff PPM (back stop function)
- Membuat laporan capaian indikator PPM dan kinerja TO PPM per bulan dan/atau triwulanan kepada Dinkes Provinsi dan tembusan ke Subdit TB.
Surat Lamaran, CV terkini, salinan ijazah dan transkrip nilai dapat diunggah melalui Website paling lambat hari Rabu 16 Maret 2022 jam 16.00 WIB.
Keuangan:
Bertanggung jawab sebagai pelaksana di lingkup administrasi keuangan termasuk mengelola kas kecil dan verifikasi dokumen serta transaksi
Akuntansi:
Membantu tugas FA dalam melakukan pembukuan, jurnal, rekonsiliasi neraca dan laporan akuntansi.
Kriteria :
- Minimal D3 di bidang Keuangan/ Akuntansi atau jurusan yang relevan lainnya
- Bersedia ditempatkan sesuai dengan peruntukkan tempat tugas
- Minimal berpengalaman kerja minimal 2 tahun dalam pengelolaan dana bantuan luar negeri, pengalaman bekerja di instansi pemerintah menjadi nilai tambah
- Mempunyai motivasi tinggi, mandiri, mampu bekerja sama dalam tim, mampu melakukan analisis dan penyelesaian masalah
- Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik
- Mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer, MS Office (Words, Excel, Power Point) dan akses email/internet dengan baik
- Mampu mengoperasikan sistem informasi keuangan/akuntansi
- Memiliki kemampuan bahasa Inggris (minimal pasif)
- Mampu melakukan identifikasi masalah, menyusun rencana kerja, materi presentasi dan membuat laporan keuangan dengan baik
- Memahami standar acuan keuangan/akuntansi sesuai ketentuan yang berlaku
- Mampu bekerja di bawah tekanan/ tenggat waktu yang ketat.
- Memiliki kemampuan problem solving, inovasi tinggi serta mental model yang positif dalam menghadapi tantangan pekerjaan di lapangan
- Bersedia melakukan perjalanan dinas ke provinsi dan kabupaten/kota
- Mampu bekerja di dalam tim maupun secara mandiri, mampu beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja baru, dan selalu tertantang untuk mempelajari hal-hal baru;
- Bersedia melakukan perjalanan dinas ke provinsi dan kabupaten/kota;
- Usia maksimal 45 tahun.
Deskripsi Pekerjaan :
- Menyiapkan memo terkait dengan pendanaan kegiatan di tingkat SR GF ATM Komponen TB, selanjutnya Provincial Project Officer dan Program Manager memberikan persetujuan, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan.
- Melakukan pencairan cek ke bank yang telah ditunjuk.
- Melakukan pengecekan atas dokumen-dokumen pertanggungjawaban kegiatan, klaim dari Rumah Sakit dan Lab, baik berasal dari provinsi maupun kab/kota.
- Membantu FA melakukan pengarsipan atas semua dokumen terkait dengan administrasi keuangan di GF ATM Komponen TB, termasuk meminta tandatangan kepada pejabat yang berwenang.
- Mengumpulkan dan menyiapkan semua dokumen untuk keperluan audit.
- Membantu pekerjaan lain terkait program penanggulangan TB sesuai arahan pimpinan
- Melakukan jurnal atas setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam ruang lingkup GF ATM Komponen TB melalui aplikasi sistem keuangan
- Mencatat, memonitor dan update atas posisi kas kecil
- Mengumpulkan dan mengirimkan dokumen pendukung staf seperti: NPWP, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Curriculum Vitae, evaluasi kinerja dan rekap absensi bulanan
- Melakukan penatausahaan aset tetap yang diadakan dari dana hibah Global Fund ATM Komponen TB
- Melakukan tugas kasir dalam pelaksanaan kegiatan
Surat Lamaran, CV terkini, salinan ijazah dan transkrip nilai dapat diunggah melalui Website TB Indonesia paling lambat hari Rabu 16 2022 jam 16.00 WIB.
Keuangan:
Bertanggung jawab sebagai pelaksana di lingkup administrasi keuangan termasuk mengelola kas kecil dan verifikasi dokumen serta transaksi.
Akuntansi:
Membantu tugas FA dalam melakukan pembukuan, jurnal, rekonsiliasi neraca dan laporan akuntansi.
Kriteria :
- Minimal D3 di bidang Keuangan/ Akuntansi atau jurusan yang relevan lainnya
- Bersedia ditempatkan sesuai dengan peruntukkan tempat tugas
- Minimal berpengalaman kerja minimal 2 tahun dalam pengelolaan dana bantuan luar negeri, pengalaman bekerja di instansi pemerintah menjadi nilai tambah
- Mempunyai motivasi tinggi, mandiri, mampu bekerja sama dalam tim, mampu melakukan analisis dan penyelesaian masalah
- Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik
- Mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer, MS Office (Words, Excel, Power Point) dan akses email/internet dengan baik
- Mampu mengoperasikan sistem informasi keuangan/akuntansi
- Memiliki kemampuan bahasa Inggris (minimal pasif)
- Mampu melakukan identifikasi masalah, menyusun rencana kerja, materi presentasi dan membuat laporan keuangan dengan baik
- Memahami standar acuan keuangan/akuntansi sesuai ketentuan yang berlaku
- Mampu bekerja di bawah tekanan/ tenggat waktu yang ketat.
- Memiliki kemampuan problem solving, inovasi tinggi serta mental model yang positif dalam menghadapi tantangan pekerjaan di lapangan
- Bersedia melakukan perjalanan dinas ke provinsi dan kabupaten/kota
- Usia maksimal 45 tahun
Deskripsi Pekerjaan :
- Menyiapkan memo terkait dengan pendanaan kegiatan/Klaim di tingkat Kabupaten GF ATM Komponen TB, selanjutnya Technical Officer/Wasor/Kasi/Kabid/Kepala Dinas tingkat kabupaten akan memberikan persetujuan, sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan.
- Mengajukan limit kepada SR untuk Virtual account.
- Mengelola Virtual account
- Melakukan pengecekan atas dokumen-dokumen pertanggungjawaban kegiatan, klaim dari Rumah Sakit dan Lab, yang berasal dari kabupaten/kota
- Bertanggungjawab melakukan pengarsipan atas semua dokumen terkait dengan administrasi keuangan di GF ATM Komponen TB, termasuk meminta tandatangan kepada pejabat yang berwenang.
- Mengumpulkan dan menyiapkan semua dokumen untuk keperluan audit.
- Membantu pekerjaan lain terkait program penanggulangan TB
- Melakukan jurnal atas setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam ruang lingkup GF ATM Komponen TB untuk upload ke SR dan Virtual account
- Mencatat, memonitor dan update virtual account
- Mengumpulkan dan mengirimkan dokumen pendukung staf seperti: No NPWP, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Curriculum Vitae, evaluasi kinerja dan rekap absensi bulanan
- Melakukan penatausahaan aset tetap yang diadakan dari dana hibah Global Fund ATM Komponen TB
- Melakukan tugas kasir dalam pelaksanaan kegiatan
Surat Lamaran, CV terkini, salinan ijazah dan transkrip nilai dapat diunggah melalui Website TB Indonesia paling lambat hari Rabu 16 Maret 2022 jam 16.00 WIB.
Kriteria :
- Minimal S1 di bidang Kesehatan/ lulusan Kedokteran/ Dokter Umum lebih diutamakan;
- Minimal berpengalaman kerja selama 2 tahun di bidang kesehatan, pengalaman bekerja di program TB menjadi nilai tambah;
- Mempunyai motivasi tinggi, mandiri, mampu bekerja sama dalam tim, mampu melakukan analisis dan penyelesaian masalah;
- Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik;
- Mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer, MS Office dan akses email/internet dengan baik;
- Mampu mengakses aplikasi SITB dan Sistem Informasi untuk melakukan pengolahan dan pelaporan data;
- Diutamakan mempunyai kemampuan penggunaan aplikasi analisis data (Stata, SPSS, dll) dan pemetaan (quantum GiS Arc GIS, dll);
- Memiliki kemampuan bahasa Inggris secara aktif;
- Mampu menyusun rencana kerja, materi presentasi dan membuat laporan dengan baik;
- Memiliki kemampuan problem solving, inovasi tinggi serta mental model yang positif dalam menghadapi tantangan pekerjaan di lapangan;
- Mampu bekerja di bawah tekanan/ tenggat waktu yang ketat;
- Memiliki komitmen untuk bekerja dengan empati yang lebih terkait pekerjaan yang bersentuhan dengan komunitas dan mantan pasien;
- Bersedia melakukan perjalanan dinas ke provinsi/kabupaten/kota;
- Usia maksimal 35 tahun.
Deskripsi Pekerjaan :
- Memberikan bantuan teknis kepada National Tuberculosis Program dalam perencanaan dan pengembangan kebijakan yang mendukung penemuan, penangann dan perawatan kasus resistensi obat TB atau Multidrug-Resistant Tuberculosis/ MDR-TB, termasuk pendekatan penemuan kasus dan peningkatan pelayanan, memastikan cakupan akses untuk diagnosa dan perawatan MDR-TB dapat diperluas;
- Memberikan bantuan teknis, supervisi dan bantuan koordinasi kepada Dinas Kesehatan Provinsi dalam melakukan pemantauan implementasi program kerja PMDT, termasuk penguatan kemampuan organisasi dan sumber daya manusia di tingkat kabupaten/kota;
- Membuat laporan kunjungan supervisi dan melakukan evaluasi identifikasi masalah dan memberikan rekomendasi Tindakan perbaikan serta memastikan tindaklanjutnya;
- Memberika bantuan teknis untuk memastikan adanya integrasi dan kolaborasi kegiatan TB MDR di dalam perencanaan strategi dan monitoring, mempersiapkan rencana kerja/ pemilihan indikator berdasarkan rencana strategis nasional serta dukungan dalam pembuatan keputusan mobilisasi sumber daya sesuai dengan prioritas MDR-TB;
- Terlibat dalam kegiatan knowledge management dan penelitian operasional untuk mengumpulkan informasi terkait PMDT sebagai bahan pembelajaran dan pembuatan keputusan oleh Pimpinan;
- Memastikan ketersediaan dan akurasi data MDR-TB di setiap level;
- Melakukan adaptasi dan implementasi Teknik dan alat bantu untuk peningkatan pelayanan MDR-TB;
- Bekerja efektif dengan Unit Kerja M&E untuk memastikan pelaporan yang tepat waktu dan akurat sesuai dengan format laporan yang telah disetujui;
- Terlibat dalam rapat koordinasi teknis dengan pihak lain untuk memberikan masukan mengenai pelayanan dan data MDR-TB;
- Mendorong adanya koordinasi dan kolaborasi di tingkat regional dan provinsi dalam penanganan kasus TB;
Surat Lamaran, CV terkini, salinan ijazah dan transkrip nilai dapat diunggah melalui Website TB Indonesia paling lambat hari Rabu 16 Maret 2022 jam 16.00 WIB.
Fungsi Pekerjaan:
Bertanggung jawab atas implementasi kegiatan akselerasi TB-Resistan Obat dan TB-Sensitif Obat serta capaian target di kab/kota prioritas melalui kerja sama dan koordinasi dengan Tim TB-RO di fasyankes (rumah sakit, Puskesmas), Dinas Kesehatan setempat dan Tim Komunitas
Kriteria :
- Minimal S1 di bidang Kesehatan/ lulusan Kedokteran/ Dokter Umum lebih diutamakan
- Bersedia ditempatkan di kabupaten/kota sesuai dengan peruntukkan tempat tugas
- Minimal berpengalaman kerja selama 2 tahun di bidang kesehatan, pengalaman bekerja di program TB menjadi nilai tambah
- Mempunyai motivasi tinggi, mandiri, mampu bekerja sama dalam tim, mampu melakukan analisis dan penyelesaian masalah
- Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik
- Mempunyai kemampuan mengoperasikan komputer, MS Office dan akses email/internet dengan baik
- Mampu mengakses aplikasi SITB dan Sistem Informasi untuk melakukan pengolahan dan pelaporan data
- Diutamakan mempunyai kemampuan penggunaan aplikasi analisis data (Stata, SPSS, dll) dan pemetaan (quantum GiS Arc GIS, dll)
- Memiliki kemampuan bahasa Inggris secara aktif
- Mampu menyusun rencana kerja, materi presentasi dan membuat laporan dengan baik
- Memiliki kemampuan problem solving, inovasi tinggi serta mental model yang positif dalam menghadapi tantangan pekerjaan di lapangan
- Mampu bekerja di bawah tekanan/ tenggat waktu yang ketat
- Memiliki komitmen untuk bekerja dengan empati yang lebih terkait pekerjaan yang bersentuhan dengan komunitas dan mantan pasien
- Bersedia melakukan perjalanan dinas ke provinsi dan kabupaten/kota
- Usia maksimal 50 tahun
Deskripsi Pekerjaan :
- Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk mendukung perluasan ketersediaan fasyankes pengobatan TB RO sesuai dengan KMK 350 tahun 2017;
- Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat dalam mengadakan kegiatan pelatihan TB RO, manajemen efek samping obat (MESO) aktif, dan konseling untuk tenaga kesehatan (dokter, perawat, petugas farmasi);
- Membantu pelaksanaan kegiatan Monthly Interim Cohort Analysis(MICA) rutin setiap bulan di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk menjamin >70% pasien TB RR terkonfirmasi memulai pengobatan TB RO dan <10% putus berobat;
- Memastikan terlaksananya rencana tindak lanjut MICA, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Puskesmas dan tim komunitas;
- Bekerja sama dengan fasyankes TB RO dan manajer kasus komunitas dalam penyiapan data mingguan pasien terdiagnosis TB RR untuk dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota;
- Bekerja sama dengan tim TB RO dan petugas farmakovigilans di fasyankes untuk memastikan implementasi MESO aktif dan pelaporan kejadian tidak diharapkan (KTD) serius ke Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota;
- Membantu tim TB RO di rumah sakit dalam pelaksanaan kegiatan minikohort rutin, penilaian mandiri dengan benchmarkingdan audit klinis TB RO;
- Berpartisipasi dalam pertemuan koordinasi rutin dengan Dinas Kesehatan, fasyankes dan tim komunitas;
- Melaporkan kemajuan dalam pencapaian target akselerasi TB RO dari kabupaten/kota masing-masing kepada Dinas Kesehatan Provinsi;
- Mengumpulkan, merekap, memvalidasi data P2TB di tingkat kabupaten/kota;
- Melakukan validasi/verifikasi data SITB yang termasuk di dalamnya dan tidak terbatas pada klaim rumah sakit, enablerdan data lainnya;
- Menganalisis data P2TB di tingkat kabupaten/kota;
- Membantu pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan surveilans dan monitoring evaluasi;
- Membantu pelaksanaan kegiatan terkait dengan surveilans dan monitoring evaluasi;
- Membantu permasalahan teknis Sistem Informasi TB.
Surat Lamaran, CV terkini, salinan ijazah dan transkrip nilai dapat diunggah melalui Website TB Indonesia paling lambat hari Rabu 16 Maret 2022 jam 16.00 WIB.