Mengenalkan TBC pada Anak melalui Buku Cerita “Hore Tibi Sembuh”

Bagikan Artikel

Padang (3/9/2022) – Seorang anak membacakan buku tentang tuberkulosis (TBC) dengan lantang di depan teman-temannya. Dikutip dari media sosial Facebook Diskominfo Kota Padang, kegiatan ini merupakan pengenalan TBC melalui bacaan mengenai edukasi TBC, yaitu buku cerita “Hore Tibi Sembuh!” yang dibacakan oleh sang anak. Buku cerita ini diluncurkan oleh Kemenkes bersama dengan IDAI, dan USAID pada tahun 2020 dan pertama kali dibacakan oleh Kakak Zack dan Kanya (dari AyoDongeng Indonesia). Lalu di tahun berikutnya, pada momen peringatan Hari Anak Nasional buku ini dibacakan kembali oleh Ibu Franka Makarim (Bunda PAUD Kemendikbudristek).

Menurut Feri Mulyani Hamid, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Metode membaca dengan keras atau suara lantang (read aloud) merupakan metode mengajarkan membaca yang paling efektif untuk anak-anak. Menurut Zulhannan (2014). membaca dengan lantang bertujuan sebagai: (1) Medium untuk meningkatkan semangat anak-anak untuk gemar membaca; (2) Medium untuk memperbaiki ucapan dan bacaan; (3) Medium pendidik untuk mengetahui kondisi kelemahan peserta didiknya; (4) Medium pendidik untuk mengetahui kesalahan peserta didiknya, dan; (5) Medium untuk menggembirakan pembaca dan pendengar secara simultan yang dalam hal ini keduanya adalah anak-anak di Puskesmas Padang.

Metode read aloud bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan dan menciptakan pengetahuan dasar bagi sang anak. Tidak hanya itu, metode ini juga dapat membangun keterampilan literasi melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Metode read aloud juga membantu anak menambah kosa kata, terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan untuk membaca. Pengenalan TBC dengan metode read aloud buku cerita sudah dilakukan di tiga puskesmas di Padang, yaitu di Puskesmas Lubuk Buaya, Andaleh dan Nanggalo. Setelah ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terus mendatangi puskesmas yang ada. Mengenalkan TBC kepada anak lewat metode membaca nyaring. Metode ini dapat menjadi praktik baik dalam mengenalkan TBC kepada masyarakat, khususnya anak-anak.

Buku Cerita “Hore Tibi Sembuh!” dapat diakses pada link: https://tbindonesia.or.id/wp-content/uploads/2020/07/Buku-Cerita-Hore-Tibi-Sembuh-Final-July-2020.pdf

Video peluncuran buku dapat disaksikan pada link: https://youtu.be/78ZDRFZ_5zM

Video pembacaan oleh Bunda PAUD Kemendikbudristek dapat disaksikan pada link: https://youtu.be/IaYeqnP6FxE

Sumber:

Diskominfo Kota Padang (5 September 2022). Lewat Buku Cerita, Pengetahuan TBC Diceritakan Kepada Anak. Dikutip dari https://www.facebook.com/1994372657497086/posts/pfbid0cVcv8BZUZnPujbeDitEbRsaNq2cMBgbAerWnfFDEwYwDiJjQ6zjY7uhQtMpX5Wp3l/ Zulhannan. 2014.

Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumber Foto: Diskominfo Kota Padang

Editor: Windy Oktavina, Dinda Anisa Rakhmawulan, Farah Alphi Nabila

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content