Bagaimana cara mengetahui kemajuan dari pengobatan TBC?

Bagikan Artikel

Bagaimana cara mengetahui kemajuan pengobatan TBC?

 

Halo SobatTOSS,

Sudahkah kalian mengetahui bagaimana cara melihat kemajuan pengobatan TBC? Jika Sobat masih belum tahu, yuk mari disimak penjelasan berikut ini.

Langkah yang wajib dilakukan oleh PMO (Pengawas Menelan Obat) untuk mengetahui kemajuan pengobatan TBC :

  1.  Amati 

    Mengamati pasienKeadaan pasien TBC. Apakah berat badan mulai bertambah atau makin menurun? Wajah pasien terlihat pucat atau mulai segar? Jika sudah ada perubahan semakin membaik maka lanjutkan pengobatan secara teratur sesuai prosedur yang telah ditentukan oleh Dokter. Namun jika tidak maka pasien dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh, seperti makanan bergizi seimbang serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kemajuan pengobatan hanya bisa dilihat jika pasien melakukan pengobatan selama lebih dari 2 Minggu.

  2. Tanyakan 

    Lakukan PemeriksaanApa yang di rasakan oleh pasien, seperti : gejala TBC sudah semakin berkurangkah? Nafsu makan pasien sudah mulai membaik dari sebelumnya? Jika sudah, tahap pengobatan TBC bisa dinilai telah berhasil. Namun jika belum, maka konsultasikan keluhan yang di rasakan kepada Dokter sewaktu berobat.

  3. Periksakan 

    Jadwal Pemeriksaan DahakLakukan pemeriksaan ulang dahak pasien selama pengobatan berlangsung untuk memantau perkembangan sesuai jadwal yang ditentukan oleh Dokter. Pemeriksaan dahak dilakukan minimal sebanyak 3 kali selama pengobatan, yaitu:

    • Dilakukan 1 Minggu sebelum akhir tahap awal (intensif) atau akhir bulan ke-2.

    • Dilakukan 1 Minggu sebelum bulan ke-5.

    • Terakhir dilakukan 1 Minggu sebelum akhir pengobatan.

    Nah, bagaimana penjelasan Admin di atas? Semoga membuat Sobat jadi semakin tahu cara untuk menilai kemajuan dalam pengobatan TBC. Untuk informasi lain seputar TB/TBC, Sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website dan media sosial dari subdit TB. Sekian dan terima kasih.

Salam Sehat SobatTOSS,

#PengobatanTBC #CaraMengetahuiKemajuanPengobatanTBC #LangkahPMO #Amati #Tanyakan #Periksakan #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content