Tips Weekend Sehat Sambil Cegah TBC

Bagikan Artikel

Halo Sobat TOSS!

Tidak terasa sudah akhir pekan saja ya atau kita lebih kenal dengan sebutan weekend. Kira-kira apa yang Sobat TOSS lakukan nih selama weekend? Kalau masih bingung mau ngapain, yuk ikutin rekomendasi weekend sehat sambil cegah TBC.

Berbelanja Kebutuhan Sehari-hari
Buat Sobat yang bingung weekend mau kemana, mending belanja kebutuhan sehari-harinya sobat saja. Karena dengan berbelanja akan meningkatkan mood kita menjadi lebih baik. Selain itu, berbelanja bisa meningkatkan aktivitas fisik kita dengan berjalan kaki beribu langkah asalkan berbelanjanya dengan mengunjungi tokonya dengan langsung yaa bukan online shopping. Ingat Sobat, kalau mau keluar rumah tetap jaga protokol kesehatan dan pakai masker yaa. Oh ya! Kalau Sobat berbelanja kebutuhan sendiri bisa memperbaiki pola makan karena kalian dapat memilih bahan makanan yang sehat dan merencanakan asupan gizi sehari-hari.
Ilustrasi Kegiatan di Akhir Pekan
Memasak
Setelah berbelanja, masak sendiri yuk Sobat! Memasak masakan sendiri di akhir pekan dapat menjadikan kita lebih sehat dengan asupan gizi seimbang yang dapat kita atur sendiri dan pastinya dengan kualitas yang lebih terjaga bersih. Selain itu juga kalau masaknya bersama-sama anggota keluarga pastinya akan lebih banyak waktu dihabiskan bersama keluarga. Nah kalau Sobat belum bisa memasak, coba deh ikut cooking class atau ajak aja teman yang bisa bantu memasak. Lumayan kan hehehe
Menjemur Kasur
Menjemur kasur atau alas tidur di bawah sinar matahari dapat membunuh bakteri termasuk bakteri tuberkulosis dan menghilangkan tungau yang menempel pada kasur. Coba bayangkan setiap hari Sobat pasti menghabiskan waktu di kasur kan? Kapan nih terakhir membersihkan kasurnya?

Ilustrasi Kegiatan di Akhir Pekan
Membersihkan Rumah
Siapa yang saking sibuknya sampai tidak menyadari kalau meja atau vas di depan ternyata sudah tebal tertutup debu? Yuk bersih-bersih rumah di akhir pekan! Selain menghilangkan kuman yang menempel pada lantai dan permukaan, juga membuat kita nyaman di rumah. Biar lebih seru, coba ajak keluargamu juga untuk kerja bakti mingguan seperti di RT RT.

Berjemur
Sobat, berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan asupan vitamin D alami untuk tubuh, looh. Selain Sobat yang berjemur, perlu juga untuk membuka jendela rumah agar sinar matahari dan sirkulasi udara masuk ke dalam rumah, sehingga rumah tidak lembab dan terhindar dari bakteri TBC.

Berolahraga
Olahraga yang cukup di akhir pekan minimal 30 menit juga sangat menyenangkan dan menyehatkan tubuh kita. Olahraga dapat dilakukan sendiri atau bersama rekan di dalam maupun di luar ruangan. Sobat bisa mengajak teman bermain futsal, sepakbola, golf, yoga di rumah, senam atau jogging bersama. Jangan lupa pakai masker dan terapkan protokol kesehatan yaa!

Nah itulah dia Sobat, rekomendasi kegiatan dari kami yang pastinya bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dan mencegah tertular TBC. Dengan tubuh yang sehat pasti sistem imun kita juga ikut meningkat dan dapat melawan TBC untuk masuk ke tubuh kita.

Salam sehat #SobatTOSS

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya