Tahukah kalian Tahapan Pengobatan TBC ?

Bagikan Artikel

Halo SobatTOSS,

Tahukah kalian tahapan pengobatan TBC? Apakah Sobat pernah mendengar atau mendapat informasi mengenai tahapan pengobatan TBC ? Jika belum, ini saat yang tepat untuk kalian mengetahuinya. Yuk mari disimak informasinya.

Pengobatan TBC bisa Sobat dapatkan di Puskesmas, klinik, atau rumah sakit. Kalian juga bisa mendapatkannya di Dokter Praktik Swasta (DPS), yang tentunya sudah DOTS ya Sobat. Apa itu Admin, maksud dari DOTS ? Apakah berbeda Dokter Praktik Swasta yang sudah DOTS atau belum DOTS ? Yuk Admin jelaskan.

DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse) merupakan salah satu strategi yang dilaksanakan oleh pelayanan kesehatan di dunia, dengan tujuan untuk mendeteksi dan menyembuhkan penyakit TBC. Strategi ini diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1995 dan telah diterapkan secara luas dalam sistem pelayanan kesehatan di Indonesia, terutama pada fasilitas kesehatan yang telah ditentukan.

Atau lebih jelasnya, DOTS adalah pengobatan TBC berstandar yang sudah ditetapkan sebagai pengobatan terbaik berjangka waktu pendek dengan pengawasan. Jadi, bukan Dokternya yang berbeda atau dibedakan, namun hanya tahapan strategi atau cara dalam pengobatannya saja yang berbeda ya Sobat.

“Jadi Admin, harus menghabiskan waktu berapa lama untuk melewati tahap demi tahap Pengobatan Penyakit TBC ini ?”

Tahapan Pengobatan TBC yaitu:

  1. Tahap Awal (Intensif) : berlangsung sejak memulai pengobatan hingga 2 bulan, dimana pasien TBC diwajibkan meminum obat setiap hari.
  2. Tahap Lanjutan : sejak bulan ke-2 hingga bulan ke-6 atau lebih. Pada tahap ini, pasien hanya diwajibkan meminum obat 3x seminggu.

Kedua tahapan di atas jika ditotal berlangsung minimal 6 bulan, bisa juga lebih bahkan sampai 12 bulan. Namun, lamanya pengobatan ini tergantung pada berat ringannya penyakit TBC yang diderita oleh pasien dan ditentukan oleh tenaga kesehatan yang sudah terlatih, Sobat. Jika diakhir tahap intensif hasil pemeriksaan dahak masih positif, maka tahap pengobatan ini akan ditambah 1 bulan.

cara mengobati tbc

“Lalu Admin, tujuan dari pembedaan 2 tahapan tadi itu untuk apa sih ?”

Tujuan Pembedaan 2 Tahap Pengobatan TBC ialah :

  1. Tahap Awal (Intensif) bertujuan untuk mengnonaktifkan kuman/ bakteri TBC.
  2. Tahap Lanjutan bertujuan untuk mematikan kuman/ bakteri TBC.

Perlu diingat, konsultasikan lama pengobatan dan jumlah obat yang diminum kepada tenaga kesehatan. Gejala hilang pada masa pengobatan bukan berarti kuman/bakteri TBC sudah hilang ya Sobat!

Jadi, jika Sobat atau sanak saudara terkena TBC, pastikan segera mendapatkan pengobatan yang tepat ya.. Jangan ditunda-tunda. Segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat, seperti Puskesmas, Rumah Sakit, dsb.

Akhir kata, jaga kesehatan selalu ya SobatTOSS.. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat dan semangat untuk terus berkarya.

Salam Sehat SobatTOSS…

#PengobatanTBC #TahapanPengobatanTBC #TahapAwal(Intensif) #TahapLanjutan #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh #TBC #TBIndonesia #TBCIndonesia

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya