Bagaimana Cara Akses Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) ?

Bagikan Artikel

Bagaimana Cara Akses Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) ?

Halo SobatTOSS,

Jumpa lagi nih kita, semoga Sobat tidak merasa bosan-bosan ya jika betemu dengan Admin. Karena Admin akan selalu membagikan informasi penting seputar TBC kepada kalian nih. Tujuannya adalah agar Sobat akan semakin memiliki pengetahuan yang luas tentang penyakit TBC dan bisa membagikan informasi ini kepada orang terdekat. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas topik dengan tema “Bagaimana Cara Untuk Akses Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) ?”. Sudah penasaran banget nih sepertinya Sobat semua, yuk mari kita simak pembahasan Admin berikut ini.
“Ohya Sobat, sebelum masuk ke dalam materi yang lebih dalam lagi. Admin ingin bertanya nih kepada SobatTOSS semua, untuk mengingat kembali topik yang sebelumnya mengenai pentingnya Terapi Pencegahan Tuberkulosis(TPT). Ada yang ingatkah pentingnya TPT itu sebenarnya untuk apa sih Sobat ?”
    Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT), merupakan cara terbaik untuk mencegah sakit yang di sebabkan oleh bakteri Tuberkulosis. Dimana penyakit ini dapat menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh atau kekebalan imun rendah, tenaga medis (perawat dan dokter) dan orang yang memiliki kontak langsung dengan pasien penderita Tuberkulosis.
Iya, benar sekali Sobat penjelasan di atas ini. Untuk Sobat yang masih bingung dan masih belum paham dengan informasi seputar Terapi Pecegahan Tuberkulosis (TPT). Maka Sobat bisa membuka dan membaca artikel pada laman berikut ini. https://tbindonesia.or.id/artikel/apakah-kalian-tahu-tpt-dapat-mence/.
“Jika Sobat sudah mulai teringat dan memahaminya, Admin akan bertanya lagi nih kepada Sobat. Taukah kalian, siapa saja sih yang harus mengakses Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) ? “
    Yang harus mengakses Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) adalah semua orang dalam kondisi sehat. Tujuannya ialah untuk melakukan pencegahan agar tidak terinveksi bakteri Tuberkulosis bagi orang yang sehat. Benarkah Admin ?
“Iya betul Sobat, sepertinya sudah makin paham nih mengenai penyakit Tuberkulosis ini. Kemudian, tahukah Sobat kira-kira bagaimana sih cara mendapatkan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) ?”
Waduh, kalau itu saya masih belum tahu itu Admin. Memangnya bagaimana y acara mendapatkan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) ?
Oke baik, akan Admin jelaskan nih buat Sobat. Jadi cara untuk mendapatkan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT), sebagai berikut :
  • TPT dapat diakses dengan mengunjungi fasyankes(Puskesmas/Rumah Sakit) terdekat, namun jika logistik TPT tidak tersedia. Maka kalian dapat meminta rekomendasi dari pihak tenaga medis untuk mengarahkan ke fasyankes lainnya.
  • Pelayanan yang akan Sobat dapatkan berupa obat Tuberkulosis (TBC), akses TPT gratis dengan menggunakan BPJS atau tanpa BPJS.
“Lalu Admin, adakah syarat khusus untuk mendapatkan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT) ?”
Emh, tentunya ada Sobat. Tapi mudah kok, syarat untuk mendapatkan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT), sebagai berikut :
  • Apabila Sobat pernah melakukan kontak dengan pasien TBC, maka kalian harus memastikan hasil diagnosis IK bukan sebagai penderita TBC.
  • Kemudian kalian harus melakukan pemeriksaan penunjang. Seperti hasil tuberkulin atau rontgen yang menunjukkan normal / tidak terinveksi TBC.
Jika Sobat masih bingung, bagaimana proses untuk mendapatkan Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT). Kalian sebaiknya bisa melaporkan diri terlebih dahulu ke pihak Puskesmas terdekat atau kader wilayah masing-masing, guna untuk melakukan IK terlebih dahulu sebelum mengakses Terapi Pencegahan Tuberkulosis (TPT).
Dari semua penjelasan Admin di atas, di harapkan Sobat senantiasa menjaga kesehatan selalu ya. Tujuannya ialah ada Sobat dapat melakukan berbagai aktifitas yang kalian sukai, dapat meminum atau memakan apa saja yang kalian sukai dan tentunya dapat terhindar dari bakteri Tuberkulosis (TBC). Lakukan TPT, untuk melakukan pencegahan dari bakteri Tuberkulosis (TBC). Karena lebih baik mencegahkan Sobat daripada mengobati.
Kiranya sekian dulu dan semoga Sobat sudah semakin paham ya, cara mengakses TPT itu tahapnya bagaiamana saja. Ohya, jangan lupa juga bagikan informasi baik ini kepada orang terdekat kalian ya Sobat.
Untuk informasi lain seputar TB/TBC, sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website dan media sosial dari subdit TBC. Sekian dan terima kasih.
Salam Sehat SobatTOSS…
#TBC #TPT #CaraAksesTerapiPencegahanTuberkulosis #CaraAksesTPT #TerapiPencegahanTuberkulosis #OrangYangHarusMengakseTPT #CaraMendapatkanTPT #SyaratMendapatkanTPT #LebihBaikMencegahdaripadaMengobati #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya