Apakah Pasien TBC “Bisa Mendapatkan Vaksinasi Covid-19”?

Bagikan Artikel

Apakah Pasien TBC “Bisa Mendapatkan Vaksinasi Covid-19”?

Halo SobatTOSS,

Senang rasanya bisa selalu berjumpa dengan kalian Sobat. Semoga kalian tidak merasa bosan jika betemu dengan Admin ya. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas topik dengan tema “Apakah Pasien TBC Bisa Mendapatkan Vaksinasi Covid-19 ?”. Tentunya kalian bertanya-tanya dan sudah penasarankan Sobat, yuk mari kita simak pembahasan Admin berikut ini.
Ohya seperti biasa, Admin sebelumnya akan bertanya dulu nih kepada Sobat semua. Apakah kalian sudah tahu apa itu Covid-19 ?
“Tahu Admin, Covid-19 merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus corona. Yang dimana penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh yang sedang tidak baik/imun yang drop, melalui sistem pernafasan manusia terutama hidung dan mulut. Benarkan Admin ?”
    Iya, benar sekali Sobat. Virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 yang biasa di kenal oleh masyarakat dengan nama Covid-19 ini pertama kali muncul di daerah wuhan negara Cina. Virus ini pada awalnya berasal dari hewan yang menular ke manusia dan dapat di kategorikan penyakit yang menular juga mematikan. Sebab, penyakit ini akan semakin bahaya jika pasien Covid-19 tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lemah/imun menurun serta memiliki penyakit bawaan/komorbid seperti jantung, asma, diabetes melitus/gula, dsb. Virus Covid-19 ini memberikan dampak bagi negara Indonesia, bahkan negara di seluruh dunia. Karena membuat perekonomian pada setiap negara di dunia menjadi tidak stabil/goyang, hal ini di sebabkan oleh pembatasan aturan yang di buat oleh setiap negara dengan tujuan masyarakatnya dapat terhindar oleh virus covid-19 ini. Seperti, pembatasan untuk keluar rumah, penutupan restauran dan fasilitas umum yang memicu masyarakat dapat berkerumun, penyekatan di berbagai daerah agar masyarakat tidak pergi jauh keluar kota/keluar negeri, dsb. Oleh sebab itu, untuk menekan penyebaran virus Covid-19 serta angka kematian yang terjadi di dunia. Setiap negara kemudian mewajibkan seluruh warga negaranya untuk melakukan vaksinasi, dengan tujuan untuk dapat memutus mata rantai penularan penyakit Covid-19.
Lalu apakah pasien TBC bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19 menurut Sobat ?
“Waduh, saya malah belum tahu itu. Memang bisakah pasien TBC mendapatkan vaksinasi Covid-19 Admin ?”
    Jika pasien TBC dengan kondisi kurang baik seperti daya tahan imun menurun atau memiliki efek samping ketika mengkonsumsi Obat Anti TBC(OAT) maka pemberian vaksin di tunda terlebih dahulu hingga pasien dapat di pastikan dengan kondisi baik. Namun bila kondisi pasien baik, maka dapat di berikan vaksinasi minimal setelah 2 minggu mendapatkan OAT/sudah mengkonsumsi OAT. Kemudian untuk pasien TBC yang sudah menyelesaikan pengobatan dan dinyatakan sembuh, maka pasien dapat menerima vaksinasi. Ohya Sobat, vaksinasi yang dapat di berikan ke pasien TBC atau sudah sembuh dari TBC itu bisa berbagai jenis vaksin ya. Namun sebelum di lakukan vaksinasi, alangkah baiknya tetap harus berkonsultasi dahulu dengan Dokter di fasyankes terdekat. Tujuannya ialah, untuk memastikan pasien benar-benar dalam kondisi sehat dan siap di vaksin.
Setelah di lakukan vaksinasi Covid-19, selalu pantau kondisi tubuh pasien TBC atau sudah sembuh dari TBC ya Sobat. Guna untuk memantau efek samping pada tubuh pasien yang mungkin bisa mengganggu kesehatannya. Segera konsultasikan ke Dokter atau fasyankes terdekat bila engalami efek samping setelah vaksin dan jangan lupa tetap selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat(PHBS) dan senantiasa menjalankan protokol kesehatan covid-19. Terakhir, jangan lupa tetap minum OAT ya Sobat, bagi pasien yang masih menjalani pengobatan TBC.
    Dari semua penjelasan Admin di atas, di harapkan Sobat senantiasa menjaga kesehatan selalu ya. Lakukan pola hidup bersih dan sehat(PHBS), untuk melakukan pencegahan dari bakteri Tuberkulosis (TBC) yang bisa dicek pada link berikut ini https://tbindonesia.or.id/artikel/apakah-kalian-tahu-tahu-apa-itu-phbs/ dan lakukan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
Karena lebih baik mencegahkan Sobat daripada mengobati. Akhir kata kiranya sekian dulu nih  penjelasan dari Admin. Semoga dari penjelasan di atas, Sobat dapat mengetahui apakah pasien TBC bisa menerima vaksinasi Covid-19 atau tidaknya ya. Untuk informasi lain seputar TB/TBC, Sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website dan media sosial dari subdit TB. Sekian dan terima kasih.
Salam Sehat SobatTOSS…

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content