Apakah kalian tahu apa itu PHBS?

Bagikan Artikel

Apakah kalian sudah tahu apa itu PHBS?

Halo SobatTOSS,

Kalian sudah tahukah cara mencegah penyakit TBC ? Sebelum kitamasuk dan bahas tentang topik ini, Admin ingin bertanya nih apakah kalian tahu bahwa penyakit TBC itu ada beberapa jenis ? Kalau belum tahu, oke akan mimin bahas mengenai jenis-jenis penyakit TBC.

Penyakit TBC itu memiliki 2 macam jenis :

  1. TBC Ekstra Paru

  2. TBC Paru

Nah, kalian pasti pasti masih bingungkan Sobat TOSS apa itu perbedaan dari TBC Ekstra Paru dan TBC Paru ? Oke, Admin akan bahas satu per satu.

    TBC Ekstra Paru adalah penyakit TBC yang menyerang organ tubuh di luar paru-paru. Contohnya ialah TBC Tulang, TBC Otak, TBC Kelenjar, TBC Ginjal, dll. Sedangkan kalau TBC Paru adalah penyakit TBC yang menyerang di dalam paru-paru. Kedua jenis penyakit ini cara penularannya itu sama, maksudnya sama bagaimana nih min ? Maksud mimin sama ialah, bahwa penyakit ini sama-sama dapat menular ke orang lain melalui udara pada saat orang yang terinveksi TBC ini batuk, bersin atau meludah di sembarang tempat tanpa menutup mulutnya ketika batuk/bersin.

            Bahaya bangetkan Sobat TOSS penyakit ini, jangan sampai kita dan orang terdekat kita dapat tertular dengan penyakir ini. Oleh sebab itu, kita perlu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah resiko penularan TBC.

Caranya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS), yakni sbb :

  • Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

  • Membiasakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

        Seperti : buah-buahan, sayur-sayuran, susu, kacang-kacangan, vitamin, dsb.

  • makanan sehat

    Lakukan olahraga ringan, minimal 1 minggu 1x.

       Seperti : jalan santai, jogging, berenang, skipping, dsb.

  • Pemberian vaksin BCG(Bacillus Calmette Guerin), sedini mungkin. Vaksin ini wajib di berikan kepada bayi yang baru lahir hingga paling lambat sebelum bayi berusia 3 bulan.

  • Obati segera bila mengetahui ada keluarga yang terinveksi penyakit TBC ini, guna untuk segera memutus rantai penularan.

  • Membuka pintu dan jendela kamar setiap pagi, dengan tujuan agar sirkulasi udara dapat berganti dan sinar matahari dapat masuk kedalam ruangan.

  • Rajin mencuci tangan saat sesudah memegang benda-benda di manapun.

Oleh sebab itu Sobat TOSS, mari sayangi orang-orang di sekitar kita dan lindungi diri kita agar tidak terserang penyakit ini. Dengan beberapa langkah-langkah seperti yang sudah mimin rangkum diatas.

Akhir kata, jaga kesehatan selalu ya Sobat TOSS. Karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat dan dari situlah Sobat TOSS dapat selalu berkarya dalam kehidupan yang Sobat miliki..

Salam Sehat SobatToss…

#AyoTerapkanPHBS #PolaHidupBersihSehat #CaraPenerapanPHBS #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content