Apa sih Perbedaan TBC Reguler dan TBC Resistan Obat (TBC RO)?

Bagikan Artikel

Apa sih Perbedaan TBC Reguler dan TBC Resistan Obat (TBC RO) ? 

Halo SobatTOSS,

Tak terasa Admin sudah cukup banyak memberikan informasi seputar tuberkulosis (TBC) kepada Sobat. Semoga Sobat tidak merasa bosan ya dengan informasi yang Admin rangkum dan dapat menambah pengetahuan mengenai penyakit TBC. Oh iya, kali ini Admin akan membahas topik lanjutan dari beberapa artikel sebelumnya yaitu “Apa sih Perbedaan TBC Reguler dan TBC RO (Resistan Obat)?”. Yuk mari kita simak penjelasan Admin berikut ini.
Taukah Sobat, apa sih perbedaan dari TBC Reguler dan TBC RO?
Jika Sobat belum tahu tentang TBC Reguler bisa cek di link berikut ini https://tbindonesia.or.id/uncategorized/artikel/apakah-kalian-tahu-apa-itu-tbc/ dan untuk penjelasan tentang apa itu TBC RO silahkan bisa cek di link ini https://tbindonesia.or.id/uncategorized/artikel/apa-itu-tbc-ro/ untuk merivew kembali Sobat..

Perbedaan TBC Reguler dan TBC Resistan Obat

Gambar Ilustrasi TBC Reguler dan TBC Resisten Obat (TBC RO)

 

 “Waduh, belum tahu, Admin. Memangnya berbeda ya TBC Reguler dan TBC RO?”
Oke akan Admin jelaskan nih Sobat. Tentunya TBC Reguler memiliki perbedaan dengan TBC RO. Perbedaannya adalah sebagai berikut:
TBC Reguler  :
  • Minum setidaknya 4 jenis obat yang berbentuk Fixed Dosed Combination (FDC) atau juga disebut Kombinasi Dosis Tetap (KDT) yang dikemas menjadi 1 Tablet.
  • Lama waktu pengobatannya minimal 6 Bulan.
  • Efek samping yang dialami relatif ringan.
TBC Resinten Rifampisin/Resisten Obat(TBC RR/RO) :
  • Minum setidaknya 7 jenis obat.
  • Lama pengobatan minimal membutuhkan waktu 9-20 Bulan.
  • Efek samping yang dialami lebih berat.
    Dari penjelasan di atas ternyata memiliki dampak yang cukup berat juga ya, pastinya Sobat tidak ingin kan menjalani pengobatan TBC Reguler atau TBC Resisten Obat dengan waktu yang lama beserta resikonya. Maka dari itu, ayo kita lakukan pengobatan dengan tepat sesuai saran dan petunjuk Dokter. Agar cepat sembuh dari TBC Reguler dan terhindar pula dari TBC Resistan Obat. Kiranya sekian penjelasan dari Admin. Semoga dari penjelasan di atas, Sobat dapat mengetahui apa sih perbedaan dari TBC Reguler dan TBC Resisten Obat (TBC RO).
Untuk informasi lain seputar TB/TBC, Sobat dapat membaca artikel atau informasi lain yang ada di laman website dan media sosial dari subdit TB. Sekian dan terima kasih.
Salam Sehat SobatTOSS…
#TBC #TBCReguler #TBCRO #TBCResistanObat #PerbedaanTBCRegulerdanTBCResistanObat #TOSSTBC #TemukanTBCObatiSampaiSembuh

Berlangganan newsletter TBCIndonesia

Dapatkan update seputar Tuberkulosis di Indonesia

Artikel Lainnya

Skip to content